Belajar SEO Google di RWP Grup


Belajar SEO Google di RWP Grup 
Temukan cara praktis Belajar SEO Google di RWP Grup yg telah Kami terapkan pada ribuan situs hingga tampil di halaman pertama Google lebih cepat & dapat pengunjung lebih banyak lagi.

Belajar SEO Google di RWP Grup adalah Produk Kami yg banyak Peminatnya & telah terbukti mengantarkan situs murid tampil di halaman pertama Google.

Belajar SEO Google di RWP Grup
Bahkan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup ini sudah diterapkan pada Kontes SEO Nasional & berhasil mengantarkan Member BSG menjadi Juara SEO berkali-kali.


Akhirnya Diungkap :

"Rahasia Tampil di Halaman Pertama Google dengan ilmu BSG"


APAKAH ANDA INGIN MENJADI PEBISNIS ONLINE YANG SUKSES?
Kalo ya, tinggalkan aktivitas anda sementara..! Simak penjelasan Saya sekitar 5 menit

Informasi ini Mungkin jadi Jalan Perubahan hidup Anda...!

“Jika Anda tidak mau belajar ilmu SEO Google dari sekarang, maka selamanya Anda akan bergantung pada iklan atau situs Anda akan sepi Pengunjung…!””Kami punya SOLUSI untuk Anda dalam jangka panjang. Belajar SEO Google di RWP Grup, baik secara tatap muka, maupun secara online di Grup Telegram”.

Andalah calon Pebisnis Online Sukses tersebut....!!!





Tentang RWP (Rahasia Website Pemula)




RWP atau Rahasia Website Pemula akan membentuk Jaringan Pengusaha Online Seluruh Indonesia dibawah Bendera "RWP Grup". Member RWP akan dibina jadi Pengusaha Online Sukses dg target bisa membuka Lapangan Kerja untuk 3 orang. Jika masing-masing ownernya membuka 3 lapangan kerja, maka ada 4 orang yg sudah bekerja di usaha member RWP tsb (owner + 3 karyawan). Jika dikalikan 250.000 orang member RWP sukses, maka akan terbuka 1 Juta lapangan kerja Insya Allah (4 x 250.000 orang).

Saat ini sedang berlangsung kontes SEO, akan ada Hadiah Tambahan untuk Peserta Kontes Affiliate. Saat ini Kontes Affiliate RWP ke-2 sedang berlangsung. Yaitu Kontes SEO RWP dg topik : Bagaimana Tampil di Halaman Pertama Google dengan lebih mudah dan cepat. Selain mendapatkan Hadiah Uang Tunai, Peserta Kontes Affiliate yg menang akan mendapatkan hadiah bonus dari Sponsor : www.DavitHerbal.com (DH) atau http://www.DaraKosmetik.com (DK). Ini daftar 5 Pemenang Kontes Affiliate RWP yang ke1 nya. Mantaf.

Untuk pemula dalam menjual Produk yang dijual adalah produk informasi, Sobat dapat belajar melalui Rahasia Website Pemula yaitu Panduan 7 Tahap Membangun Bisnis Online Untuk Pemula (terdiri atas 11 Ebook-Electronik Book, Berbentuk Digital). Sobat bisa membuat User ID dan Password khusus ketika mengisi biodata di halaman berikutnya. User ID dan Password tsb akan diaktifkan Pengelola setelah Sobat melakukan konfirmasi pembayaran. Jika Sobat hanya JOIN FREE, maka User ID dan Password tsb langsung aktif begitu Sobat selesai isi biodata order ini.

Jangka panjang dari semua peserta yg sudah belajar di RWP adalah bisa mempraktekkan ilmu bisnis onlinenya di rumah masing-masing. Targetnya peserta bisa mendapatkan penjualan rutin dari internet….! Target Omset awal mungkin cuma Rp. 1 Juta/bln. Target berikutnya Omset Rp. 10 Juta/bln. Target berikutnya lagi Omset Rp. 50 Juta/bln…. Dan seterusnya…..! Sukses utk Sobat yg mau berusaha….!

Belajar Seo Google di RWP. Ya, kami permudah cara-cara Belajar SEO Google agar Sobat tidak lagi menganggap ilmu SEO Google sesuatu yg mumet....!!! Lakukan saja ' jalan-jalan kebenaran' yg disukai Om Google, selebihnya biarkan Robot Google yg bekerja untuk menarik situs Sobat tampil ke halaman pertamanya..... Nanti Situs Sobat tampil di halaman pertama Google bukan lagi dari 1-2 keyword, tapi dari puluhan keyword sampai di atas 100 keyword. Ya, Situs Sobat bisa tampil di halaman pertama Google dari 100 kata kunci lebih... Bayangkan, dari 1-2 kata kunci saja Sobat sudah senang lihat situsnya nangkring di halaman pertama... Bagaimana kalo bisa di atas 100 kata kunci??? Makanya Belajar SEO Google & lakukan saja jalan-jalan kebenaran yg disukai Om Google seperti yg ada dalam panduan BSG ini...!

Google dan Bedah Website dapat dipelajari di sini. RWP Grup adalah solusi tempat belajar Ilmu SEO  dan juga Bedah Website secara mendalam, namun mudah dipahami dan dimengerti.  Satu demi satu cara kerjanya juga dapat diterapkan untuk pemula bingit sampai advanced dalam memperbaiki situs Sobat.  RWP Grup memberikan Bimbel Untuk Belajar SEO Google (BSG) dan Bedah Website (BW) yang akan membantu Sobat menemukan solusi permasalahan yang sedang Sobat hadapi.

RWP Grup adalah Rahasia Website Pemula Grup, yang merupakan grup komunitas Bisnis Online yang menitikberatkan fokus khususnya pada pasar PEMULA internet marketer di Indonesia.  Selain mempunyai Cabang di beberapa Kota Besar di Indonesia, RWP Grup juga telah memiliki  Murid atau Member kurang lebih  10.000 orang, yang sudah tersebar di seluruh pelosok Indonesia. 

Ini adalah untuk mendukung Visi dan Misi RWP Grup yang pada akhirnya bisa ikut membantu mewujudkan minimal 1 Juta Lapangan Kerja dari 125.000 Pebisnis Online Sukses.

Ebook SEO bisa Sobat dapatkan berupa Panduan Belajar SEO Google (BSG) + Bedah Website (BW) bersama RWP : Dapat Keanggotaan BSG yg terdiri dari 3 Ebook SEO Goog. Dapat 2 Ebook Bedah Website untuk pegangan PRAKTEK di rumah. Dapat pertemuan tatap muka 1x sebulan di Kantor RWP Pusat (hanya bayar konsumsi). Dapat fasilitas tanya jawab di Grup Diskusi Telegram khusus membahas SEO + Bedah Website.

Bedah website ini lahir dari hasil praktek bertahun-tahun sambil mengajari Murid RWP pada kelas tatap muka. Banyak Murid RWP yg ikut Kelas Privat, baik level pribadi maupun level perusahaan, ketika datang sudah memiliki website, baik dibuat sendiri maupun dibuat oleh jasa pembuat website. Rata-rata mereka mengeluhkan Websitenya yg sepi Pengunjung meski umur situs sudah berbulan-bulan, bahkan ada yg sudah berumur di atas 1 tahun. Jika Website/Blog Sobat saat ini masih sepi pengunjung & sepi penjualan, padahal sudah dibuat berbulan-bulan sampai tahunan, maka kemungkinan situs Sobat sedang mengalami sakit. Ada poin-poin penyakit dari A sampai Z yg selama ini belum Sobat analisa penyebabnya. Jika Sobat tahu penyebab sakit situsnya, maka kemungkinan besar Sobat bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi.

Cara Riset menggunakan Google Keyword Planner. Sebagai pemula, Sobat fokus saja dulu pada cara nomor 1 di Google Keyword Planner : Search for keyword and adgroup ideas. Cara ke-1 ini sudah Kami terapkan di kelas Bimbel RWP selama beberapa bulan. Google secara resmi menggantikan alat riset kata kunci yang lama (Google Keyword Tool = GKT) menjadi alat riset baru (Google Keyword Planner = GKP) yg benar-benar terpadu dengan pusat iklan Google Adwords. Kami memantau persiapan Google sudah beberapa bulan sebelumnya, yaitu dg adanya pengumuman kecil di atas alat GKT saat masih bisa digunakan.

Step SEO Dasar. Bagi Pemula - SEO sama sekali tidak perlu sekerats itu. Sobat bisa mendapatkan 95% dari upaya dengan 5% dari pekerjaan itu dan Sobat sama sekali tidak perlu menyewa seorang profesional SEO untuk melakukannya, dan juga tidak akan sulit untuk menentukan peringkat untuk persyaratan utama yang dipetik. SEO sangat sederhana, dan kecuali Sobat adalah perusahaan yang sangat besar.

Tampil di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu. Namun setelah bertahan di halaman pertama sekian lama, muncul pertanyaan : “Kok penjualan masih sepi yah Pak?” Sebagian dari Sobat mungkin juga sudah pernah menggunakan Jasa SEO dari pihak lain untuk memasarkan produknya di halaman pertama Google. Namun setelah masuk halaman pertama, apakah penjualan otomatis meningkat? Nah, inilah Topik yg layak kita bicarakan supaya menjadi terang bagaimana kita mensikapi URL situs yg sudah tampil di halaman pertama Om Google atau belum.

Saat ini member yang bergabung di RWP mencapai 7000 lebih dan RWP memiliki puluhan cabang yang tersebar seluruh Indonesia, dan cukup banyak website dari member RWP yang terbukti berhasil dan meraih omset puluhan bahkan sampai ratusan juta rupiah.

SEO dan Facebook Marketing. Apakah Sobat sadar jika pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 55 juta orang? Dan Pengguna facebook Indonesia mencapai 41 juta orang? Bagaimana cara menarik ribuan orang ke website/blog Sobat dari mesin pencari google dan media pertemanan facebook? Temukan jawabannya di Kelas SEO dan Facebook Marketing dari RWP Grup….!

Bisnis Online ini sangat inspiratif, dari seorang karyawan biasa kemudian memberanikan diri untuk pensiun dini dan fokus untuk mengembangkan bisnisnya. Sobat seharusnya berterima kasih karena ada sosok orang yang mau membagi ilmunya agar kita juga sukses dalam berbisnis online, jika sobat mengetahui berapa trial dan eror yang di alami oleh Davit Putra pasti sobat akan sangat berterima kasih kepadanya. Bayangkan jika sobat belajar secara otodidak, berapa banyak pengeluaran yang sobat keluarkan untuk mencoba formula-formula yang jitu agar tercipta suatu pembelajaran. Harga untuk pertama kali launching RWP ini pun sangat-sangat murah, yaitu hanya Rp. 50.000,- kemudian terus naik dengan bertambahnya para member dan meningkatnya kebutuhan orang-orang untuk belajar bisnis online.

Sesuai dengan kaidah SEO, sangat mudah dipahami dan dipraktekkan. Sebelum belajar di RWP, yang pernah mengalami kegagalan. Kegagalan mungkin tidak langsung pecah telor. Resep untuk bisa segera ada di halaman 1 google, mempraktekkan semua ilmu yang didapat dan terus menambah artikel atau konten di dalam website minimal 3 artikel sehari. Apa saja ilmu SEO yang didapatkan untuk mendapatkan pembeliadalah dengan memperbanyak artikel atau konten, dan memperbanyak keyword yang dituju ke setiap artikel. Cara promosi lain yang dilakukan selain ilmu SEO tidak ada, hanya ilmu dari RWP yang mereka terapkan di dalam webnya. Jadi, jangan mudah menyerah, terus belajar dan memperbanyak artikel.

Dan ada Diskon yang besarnya bisa berbeda-beda untuk Kelas Karantina Offline-Online. Belajar Hari Sabtu Siang atau Malam hari (pilih). Kami dari Tim Marketing RWP Grup ingin memberikan kesempatan belajar Bisnis Online Dasar dg harga Murah-Diskon. Plus ada Bonus-Bonus yg lebih besar dari harganya. Lalu ada Grup Komunitasnya via Telegram. Jadi teman-teman tidak belajar sendiri...!

Jangka pendek Target belajar RWP Grup bagi pemula. Yakinkan hati menjadi yakin dulu tentang keberadaan bisnis online. Misal, Sobat pengennya pecah telor dulu seberapa pun besarnya. Dengan melihat tansfer pembeli ke rekening kita, tentu Sobat & keluarga akan semakin yakin bahwa bisnis online itu benar adanya. Lebih dari itu, jika sudah pecah telor, buatlah target jangka pendek berikutnya yaitu minimal dapat omset Rp. 1 Juta s/d 10 Juta per bulan (profit sekitar 30% s/d 40%). Setidaknya omset jangka pendek ini bisa menutupi kebutuhan keluarga yg sebelumnya Sobat dapatkan dari gaji bulanan sebagai karyawan. Jika pun Sobat keluar dari status karyawan atau pensiun dini, keluarga Sobat tidak akan kaget karena sudah punya backup penghasilan dari online. Jika kita mempelajari dan mempraktekkan ilmu BSG dan Bedah Website ini, minimal kita akan mendapatkan 100 visitor atau pengunjung per day, untuk jangka panjang bisa di atas 1.000 pengunjung per day.
Ilmu Bedah Website sangat penting ketika Situs Sobat mengalami sepi Pengunjung. Ilmu Bedah Website (BW) juga diperlukan untuk mengetahui apa sebab terjadinya penurunan Omset saat itu dibandingkan Omset sebelumnya. Akan dibahas juga analisa Data Google Webmasters Tools (GWT) dengan studi kasus Data dari Peserta Bimbel Omset 10 Juta Online. Dan juga akan dibahas mengenai Data Google Analytics (GA).

Jadi Keberhasilan Sobat akan menjadi tujuan RWP Grup agar tercipta 1 Juta Lapangan Kerja. Cabang RWP Grup sedang dipersiapkan pada puluhan Kota di seluruh Indonesia untuk mendukung target kita semua...! 





Belajar SEO Google bersama RWP


Ingin Belajar SEO Google secara mendalam supaya tampil di halaman pertama Google?


Tidak Punya Produk namun ingin Belajar Bisnis Online?

Apakah Sobat ingin Belajar dari Dasar sampai Advanced?

Apakah Sobat ingin dapat Komisi dari Sistem Affiliate RWP Grup?

Kini saatnya belajar Bisnis Online bersama RWP Grup sampai berhasil...!

Kantor Pusat RWP Grup berada di Kota Bogor-Tajur.


Saat ini RWP Grup membuka Kelas di kota-kota berikut : 

  1. Cabang RWP Serang-Banten.
  2. Cabang RWP Kebun Jeruk-Jakarta Barat.
  3. Cabang RWP Baleendah-Bandung Kabupaten.
  4. Cabang RWP Cibiru-Bandung Kota.
  5. Cabang RWP Muara Bungo-Jambi.
  6. Cabang RWP Medan.
  7. Cabang RWP Bogor-Semeru.

Cabang baru yg masih dalam Proses Persiapan :

  1. Cabang RWP Bogor Cimanggu (BCC).
  2. Cabang RWP Solo
  3. Cabang RWP Malang.

DAPAT FASILITAS BIMBEL KARANTINA UNTUK MEMBER PREMIUM RWP :

Kelas Dasar Karantina 1 bulan untuk Para Pemula yg mau menapaki Sukses Bisnis Online dari nol.

Kami akan memandu Sobat sampai familiar dg dunia Internet Marketing Dasar.

Belajar Bimbel Karantina bisa dilakukan secara Online atau pun ikut Kelas Tatap Muka di RWP Pusat-Bogor.



______________________________________________________________________________

Apa itu SEO?

Menurut Wikipedia : Search engine optimization (SEO) is the process of affecting the online visibility of a website or a web page in a web search engine's unpaid results—often referred to as "natural", "organic", or "earned" results. In general, the earlier (or higher ranked on the search results page), and more frequently a website appears in the search results list, the more visitors it will receive from the search engine's users; these visitors can then be converted into customers.[1] SEO may target different kinds of search, including image search, video search, academic search,[2] news search, and industry-specific vertical search engines. SEO differs from local search engine optimization in that the latter is focused on optimizing a business' online presence so that its web pages will be displayed by search engines when a user enters a local search for its products or services. The former instead is more focused on national or international searches.

“Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.”

Istilah kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:
“proses aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Sobat agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Sobat tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik”.


Ilustrasi Mengenai Apa Itu SEO

Misalnya Sobat memiliki situs web haji dan umroh yang bernama Alsha Tour. Di situs tersebut ada paket-paket haji, umroh, dan tour muslim untuk tahun 2017 yang Sobat pasarkan. Maka dengan melakukan SEO atau optimisasi mesin pencari yang baik dan benar, ketika ada yang mencari umroh untuk tahun 2017 atau paket tour muslim yang tersedia di tahun 2017 (dengan bantuan mesin pencari web misalnya di Google), situs web Sobat akan berada di halaman pertama daftar hasil pencarian mesin pencari. Semakin baik peringkat di halaman pertama itu, semakin baik.

Situs Sobat akan mudah ditemukan oleh calon konsumen produk-produk, jasa-jasa, informasi perusahaan Sobat, organisasi Sobat, atau apapun yang akan Sobat tawarkan kepada para audience / pengguna internet yang membutuhkannya (target pasar Sobat).
Ingat istilah penting bersinonim berikut ini:


  • Hasil pencarian SEO = hasil pencarian alami = hasil pencarian tak-berbayar = hasil pencarian non-iklan = hasil pencarian organik
  • Hasil pencarian non-SEO = hasil pencarian tidak alami = hasil pencarian berbayar = hasil pencarian iklan = hasil pencarian non-organik

Jadi SEO selalu alami/organik, tak berbayar, non-iklan. Dan non-SEO selalu… (mohon Sobat coba jawab)


Hasil Pencarian SEO VS Hasil Pencarian Non-SEO

Jika kembali mengacu pada gambar hasil pencarian “umroh 2017” sebelumnya, berikut ini gambaran bagaimana cara membedakan hasil pencarian SEO dan non-SEO.

Dari hasil pencarian non-SEO ditandai dengan tulisan Iklan (atau Ads dalam hasil pencarian berbahasa Inggris). Di mesin pencari lain misalnya Yahoo, hasil pencarian non-SEO akan ada tulisan Iklan.

Tabel Kelebihan dan Kekurangan Non-SEO VS SEO
Berikut ini table kelebihan situs/halaman web yang non-SEO VS kelebihan situs/halaman web yang di-SEO-kan.
 Belajar SEO Google di RWP Grup

Dan ini masing-masing kekurangannya:
 Belajar SEO Google di RWP Grup

Dari tabel kelebihan dan kekurangan non-SEO dan SEO di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa hasil pencarian SEO adalah hasil pencarian utama dan hasil pencarian non-SEO adalah hasil pencarian tambahan atau sementara. Karena adanya hasil pencarian utama ini, maka Google mendapatkan tambahan income yang sangat banyak. Itu kalau dari sisi bisnis.

Namun bukan berarti hasil pencarian non-SEO tidak memiliki nilai sama sekali. Jika Sobat bisa mengoptimisasi keduanya, non-SEO dan SEO dengan sangat baik, maka hal tersebut akan lebih baik dibandingkan hanya menggunakan salah satunya saja. Karena masing-masing saling melengkapi.

Catatan: Hasil pencarian non-SEO biasanya dipakai oleh situs web baru agar bisa cepat memasarkan produk atau jasanya untuk mendapatkan keuntungan, sambil terus mengoptimisasi situs web tersebut secara SEO.


Mengapa SEO disebut alami atau organik?

Karena SEO adalah proses yang tumbuh dan berkembang. Dimulai dari sebuah situs web yang baru Sobat daftarkan domain dan hostingnya. Situs yang tidak populer, tidak memiliki posisi apapun di hasil pencarian internet. Tapi jika situs web tersebut dioptimisasi dengan baik, maka situs web itu akan berkembang semakin besar, populer, memiliki posisi bagus di hasil pencarian, dan memenuhi objektif pemilik situs.

Berbeda dengan non-SEO atau non-organik yang sifatnya instan. Ada uang Google sayang, tidak ada uang iklanku hilang.  (Namun tetap harus diingat bahwa non-SEO dan SEO memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sobat bisa memilih salah satunya, atau bahkan keduanya, sesuai kebutuhan Sobat.)

Jika Sobat suka memelihara hewan misalnya kucing, maka Sobat paham arti alami atau organik. Begitu juga para ibu-ibu yang suka belanja ayam di pasar. Ada ayam kampung yang organik, ada juga ayam potong biasa yang non-organik.


Salah Kaprah “SEO Non-Organik”

Setelah memahami apa itu SEO dan non-SEO, maka Sobat mengetahui bahwa tidak ada yang namanya “SEO non-organik” karena SEO itu sendiri adalah proses alami/organik maka hasil proses men-SEO-kan sebuah situs web adalah berupa hasil pencarian organik. Hasil pencarian non-organik yang muncul di bagian atas atau samping kanan halaman pertama Google adalah karena optimisasi non-SEO (iklan berbayar), bukan optimisasi mesin pencari (SEO).

Jika SEO selalu organik (SEO = organik), maka non-organik pastilah non-SEO (non-organik = non-SEO)
Sehingga tidak ada “SEO non-organik”.


Arti Lain dari SEO

Di komunitas SEO, selain berarti Search Engine Optimization, SEO juga bisa diartikan Search Engine Optimizer, yakni orang yang melakukan optimisasi mesin pencari. Jadi SEO di sini adalah sebuah profesi. Jika Sobat adalah seorang praktisi SEO, maka jika seorang dari luar negeri menanyakan profesi Sobat “What are you?”, Sobat bisa menjawab: “I am an SEO.” (search engine optimizer a.k.a. profesi seseorang yang melakukan optimisasi mesin pencari).

Selain profesi, juga SEO bisa digunakan untuk menerangkan jabatan atau kata benda lainnya, yang berarti “terkait dengan SEO”. Misalnya “We are SEO consultants.”, “I am the SEO Manager.”, atau “It is a SEO book.”

Jadi kalau Sobat akan berkarir di bidang SEO baik secara personal ataupun profesional, di lingkup nasional maupun internasional, atau ingin punya perusahaan SEO sendiri, maka Sobat sudah tidak terlalu gaptek kalau berkomunikasi tentang SEO dengan orang luar negeri. Peace ...


Ringkasan Definisi-definisi SEO

Berikut ini ringkasan kata-kata sakti yang akan Sobat temui selama berkecimpung di dunia per-SEO-an:


  • SEO adalah search engine optimization atau search engine optimizer.
Kata kunci (atau keyword atau KW) adalah satu kata yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari.
Frasa kunci (atau key phrase) adalah frase (beberapa kata) yang diketikkan oleh pengguna internet di mesin pencari. Walau berbeda arti, frase kunci sering disebut sebagai kata kunci.
  • SERP adalah search engine result page yaitu halaman hasil pencarian mesin pencari.
Dengan faham apa itu SEO, istilah dan terminologi, dan definisi-definisi SEO di atas, maka Sobat bisa membuat definisi bebas mengenai apa itu SEO, namun tetap mengingat dan memahami definisi SEO secara umum misalnya dari Wikipedia berbahasa Inggris.

Salah satu definisi SEO secara bebas misalnya: “semua usaha yang diperlukan agar sebuah situs web atau sebuah halaman web dapat muncul di SERP untuk setiap keyword yang ditargetkan”.

Selamat mencoba!


Apa Tujuan SEO?

Jika Sobat sudah melakukan optimisasi mesin pencari terhadap situs Sobat seperti ilustrasi www.denahajiumroh.com di atas, maka tentunya akan lebih banyak klik (atau kunjungan) dari para pengguna internet ke situs Sobat tersebut, dibandingkan jika situs Sobat tidak muncul di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Frekuensi atau intensitas klik atau trafik kunjungan (atau trafik saja) para pengguna internet terhadap hasil pencarian dari mesin pencari (misalnya Google), dapat dianalisa dengan peta panas klik (click heatmap atau bisa disebut dengan heatmap saja).

Setelah Sobat memahami definisi apa itu SEO dari Wikipedia bahasa Inggris di ilustrasi-ilustrasi di atas dan gambar click heatmap, jika kita lengkapi pengetahuan kita tentang SEO dengan definisi SEO di Wikipedia berbahasa Indonesia , maka Sobat akan bisa langsung memahami tujuan dan manfaat SEO. Berikut definisi apa itu SEO dari Wikipedia berbahasa Indonesia.


Definisi apa itu SEO versi Wikipedia Indonesia

“Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.”

Dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris dan Wikipedia bahasa Indonesia, maka bisa kita simpulkan bahwa tujuan SEO dibagi menjadi dua, yaitu Tujuan Dasar SEO dan Tujuan Utama SEO.

1. Tujuan Dasar SEO

Tujuan Dasar SEO terkait dengan posisi atau peringkat/ranking yaitu meningkatkan posisi/ranking/peringkat situs web atau halaman web Sobat di halaman hasil pencarian mesin pencari (SERP). Mohon diingat bahwa tujuan dasar ini diturunkan dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Inggris.

Pencapaian ranking terbaik diupayakan dengan jalan membuat isi situs web dan halaman-halaman web yang relevan, unik, dan berkualitas serta dengan meningkatkan popularitas situs dan halaman-halaman web Sobat dengan cara mendapatkan rekomendasi berupa tautan (link) yang berkualitas juga dari situs-situs web luar yang relavan, unik namun dalam bidang yang sama (relevan) dengan situs web Sobat, berasal dari halaman yang kontekstual, dan berkualitas.

2. Tujuan Utama SEO

Sedangkan tujuan SEO yang utama, yang kita bisa lihat dan tangkap dari definisi apa itu SEO di Wikipedia bahasa Indonesia, adalah terkait dengan trafik, yaitu berfokus untuk meningkatkan trafik. Dan ini adalah efek netto atau tujuan yang akan tercapai manakala tujuan dasar SEO (meningkatkan ranking) sudah tercapai.

Tujuan SEO yang utama adalah berikut ini:
·        Meningkatkan Volume Trafik Kunjungan Pengguna Internet
Supaya sebanyak-banyaknya pengunjung mendatangi situs kita dengan menjadi yang paling banyak diklik (berada di area berwarna merah pada click heatmap yaitu di bagian separuh halaman di atas/upper fold, lebih baik lagi menjadi nomor 1 – 3 di SERP).
·        Meningkatkan Kualitas Trafik Kunjungan Calon Konsumen Produk atau Jasa Sobat
Sebanyak mungkin pengunjung tersebut adalah pengunjung yang ditargetkan sesuai kata kunci yang akan Sobat pilih, sehingga lalu-lintas / trafik pengunjung / kunjungan yang datang memang membutuhkan dan sedang mencari apa-apa yang Sobat tawarkan di situs Sobat. Hal ini menciptakan trafik kunjungan yang berkualitas ke situs Sobat).
·        Mempertahankan Kedua Jenis Trafik di Atas Secara Berkesinambungan
Sebagaimana Sobat dipahami, dengan riset kata kunci yang benar dan proses SEO yang baik, peringkat pencarian yang bagus tercapai, maka ketiga tujuan utama SEO di atas akan mudah segera dicapai.

Jika tujuan SEO Sobat tercapai, dari tujuan dasar dan tujuan utama ini, maka dapat dipastikan akan banyak trafik tertarget menuju situs web atau halaman web yang Sobat optimisasi untuk mesin pencari. Semakin banyak trafik tertarget, maka potensi tercapainya objektif atau tujuan akhir dari situs Sobat akan semakin tinggi.

Apa Manfaat SEO?
Jadi, setelah Sobat mengetahui kelebihan-kelebihan SEO dari tabel sebelumnya di artikel ini, 1 tujuan dasar SEO, dan 3 tujuan utama SEO, maka manfaat SEO adalah faktor-faktor positif yang terjadi setelah tercapainya tujuan-tujuan SEO tersebut: yaitu konversi mikro dan akhirnya konversi makro.
Konversi adalah penerimaan, persetujuan, dukungan, atau apapun perubahan positif para pengunjung internet terhadap semua elemen-elemen di situs web Sobat, yang pada akhirnya mereka menjadi bagian dari anggota komunitas, partisipan, atau konsumen Sobat.
Inilah Manfaat SEO
  • Konversi Umum
  • Meningkatnya popularitas dan otoritas situs web Sobat sehingga mudah dijangkau oleh calon audience, pengguna informasi, atau konsumen produk/jasa yang Sobat targetkan.
  • Meningkatnya otoritas, brand, dan kepercayaan konsumen atau komunitas terhadap perusahaan, professional, atau personal Sobat, sehingga situs Sobat menjadi acuan atau referensi di bidangnya (dengan syarat situs Sobat memiliki isi yang unik, bagus, dan berotoritas / authorized contents).
  • Konversi Utama
  • Akibat konversi umum di atas, maka terjadilah konversi mikro seperti kembalinya pengunjung ke situs Sobat, waktu kunjungan yang relatif lebih lama, dan interaksi lainnya yang menyatakan penilaian positif pengunjung situs kepada situs web Sobat.
·        Akibat konversi mikro di atas, maka tingkat pencapaian objektif utama situs web Sobat juga akan meningkat. Inilah yang disebut dengan konversi makro: misalnya meningkatnya transaksi penjualan jika situs Sobat berkategori situs komersial misalnya toko online atau agen perjalanan wisata, meningkatnya jumlah pengunjung harian jika situs Sobat adalah situs berita, meningkatnya jumlah pelanggan artikel terbaru jika situs Sobat adalah situs produk informasi terkait industri atau bidang tertentu, dan seterusnya.

Konversi dari trafik pengunjung bisa diupayakan dengan formula konversi (conversion formula) diantaranya dengan menyediakan komponen-komponen tertentu di situs web Sobat seperti form pendaftaran online, kalimat-kalimat yang mengajak untuk melakukan suatu aksi (call-to-action atau CTA) atau tombol-tombol seperti “Beli Sekarang” atau “Daftar Sekarang” yang terkait pemenuhan objektif situs Sobat, dan sejenisnya. Bidang ilmu khusus yang mempelajari bagaimana meningkatkan tingkat konversi adalah conversion rate optimization (CRO).


Jadi Akhirnya, Apa Keuntungan dari SEO?

Sesudah manfaat SEO dirasakan, maka giliran tibalah keuntungan yang didambakan tiba. Sebagaimana di atas, jika situs Sobat berkategori komersil seperti toko online, maka keuntungan materil berupa profit atau revenue akan didapat. Jika situs Sobat terkait dengan yayasan dan kegiatan sosial atau pendidikan gratis bagi mereka yang tidak mampu atau jauh dipelosok daerah tanpa sekolah fisik, maka keuntungan moril menjadi pencapaian keuntungan SEO ini.

Jadi keuntungan yang bisa didapat dari SEO adalah keuntungan moril dan/atau keuntungan materil, sesuai objektif utama dari situs web Sobat.

Catatan penting: Karena keuntungan SEO adalah hasil akhir per satuan waktu yang dicapai, maka bisa dirumuskan ukuran pencapaian SEO Sobat dalam satuan Keseluruhan Biaya SEO dibagi Total Keuntungan SEO (atau Total Cost SEO/Total Benefit SEO). Jika hasilnya kurang dari 1, maka artinya pencapaian SEO Sobat belum optimal a.k.a. Optimisasi SEO Belum Optimal.


SEO: Tujuan Dasar, Tujuan Utama, Manfaat, dan Keuntungan

Setelah memahami apa itu SEO, tujuan dasar SEO, tujuan utamanya, manfaat, dan keuntungannya, berikut ringkasan dalam gambar yang memvisualisasikan keterhubungan proses pencapaiannya.
Belajar SEO Google di RWP Grup

Misalnya situs Sobat adalah sebuah situs komersial yang menawarkan produk dan jasa tertentu. Maka jika semua proses pencapaian tujuan, manfaat, dan keuntungan SEO ini telah Sobat lalui dengan sukses, maka kemungkinan terjadinya transaksi penjualan melalui situs Sobat akan semakin tinggi. Jika banyak konsumen puas dengan produk atau layanan Sobat, maka bisa dipastikan mereka akan selalu berkunjung kembali ke situs Sobat dan menjadi advokat marketing yang ampuh bagi produk atau jasa Sobat (via Word of Mouth Marketing/WOMM). Selamat!


Jenis Penargetan SEO

Secara umum jenis penargetan SEO adalah jenis penargetan web, seperti pada ilustrasi dan contoh di atas. Namun, Google menyediakan beberapa jenis hasil pencarian seperti pencarian gambar (image search), pencarian lokal (local search), pencarian video (video search), pencarian akademik (academic search), dan pencarian berita (news search).

Selain jenis pencarian Web, jenis pencarian local (local search) juga sangat penting untuk dipahami karena Google memberikan bobot lebih pada hasil pencarian sesuai posisi geografi pengguna internet pada saat melakukan pencarian. Dan karenanya jangan heran jika hasil pencarian bisa berubah-ubah, sesuai lokasi dari si pencari.

Asyik kan? Nah, setelah Sobat memahami tentang apa itu SEO, langkah selanjutnya adalah memahami proses-proses unik SEO yang harus Sobat kuasai untuk mencapai semua tujuan, manfaat, dan keuntungan dari SEO secara optimal.

______________________________________________________________________





Riset Keyword



Pemilihan kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika sobat memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog sobat sepi pengunjung bagaikan kuburan.



Kalau blognya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Kalo sudah males ngeblog kemungkinan besar bakalan berhenti ngeblog.



Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini sobat nggak akan berhenti ngeblog sampai benar-benar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak.




Apa itu Riset Keyword ?

Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategi SEO atau pengoptimalan mesin pencari.

Bagi sobat yang ingin meningkatkan pengunjung blog dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Sobat tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi bisa dipastikan tidak akan maksimal.

Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog sobat.

Misalnya jika blog sobat membahas tentang sepakbola, maka kira-kira kata kunci apa yang sering digunakan orang untuk mencari informasi seputar sepakbola di mesin pencari.

Apakah “Jadwal Liga Inggris“ atau “Klasemen Liga Inggris“ atau “Goal terbaik sepanjang masa“ atau yang lain-lainnya.

Sampai disini saya yakin sobat sudah paham apa tujuan dari riset keyword.


Mengenal Jenis Keyword

Sebelum sobat membaca postingan ini lebih lanjut, ada baiknya untuk lebih dulu memahami beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an, keyword memiliki banyak sekali jenis.

Beberapa jenis-jenis keyword tersebut adalah:


  1. Short tail keyword
  2. Long tail keyword
  3. Keyword abadi
  4. Keyword musiman

Selain keempat jenis keyword di atas sebenernya masih ada beberapa jenis yang lain. Tapi yang paling penting untuk diketahui adalah keempat jenis di atas.

Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:





1. Short tail keyword



Short tail keyword adalah kata kunci yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya seperti ini :


  • Android
  • Smartphone
  • Android Murah
  • Smartphone Terbaru
  • dll


Jenis keyword seperti ini biasanya mempunyai tingkat persaingan yang sangat tinggi. Sangat sulit untuk bisa bersaing pada keyword seperti ini kecuali sobat mempunyai ilmu SEO tingkat Dewa.





2. Long tail keyword



Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini:
  • Daftar Smartphone Android Paling Keren
  • Smartphone Android Samsung Terbaik
  • dll

Jika sobat masih pemula maka long tail keyword jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan sobat untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.


Kekurangan dari long tail keyword adalah trafik yang didapatkan tidak sebanyak short tail keyword. Selain itu juga cukup sulit untuk menemukan long tail keyword yang benar-benar bagus.


3. Keyword abadi

Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi ditelan zaman.

Contohnya kata kunci berikut ini:
 “Cara menyembuhkan sakit kepala”

Kata kunci tersebut termasuk kata kunci abadi karena semua orang pasti mengalami yang namanya sakit kepala.


4. Keyword musiman

Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat.

Contohnya kata kunci berikut ini:
 “Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus”

Tanpa dijelaskan saya yakin sobat tahulah perbedaan antara keyword abadi dan keyword musiman.


Cara Riset Keyword

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya melakukan riset keyword?

Nah di bawah ini adalah tutorial lengkap bagaimana cara melakukan riset keyword dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama Ubersuggest dan juga Google Adwords: Keyword Planner.

Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords: Keyword Planner, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest.

Fungsi dari Ubersuggest di sini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword.

Selain Ubbersuggest masih ada beberapa tools lain yang serupa yang tidak kalah bagus, seperti:

·        http://keywordshitter.com

·        http://keywordtool.io

·        dll.



Tapi untuk tutorial kali ini saya hanya akan menggunakan Ubbersuggest saja.

Sedangkan tugas dari Google Adwords: Keyword Planner sendiri udah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords.
  
______________________________________________________________________





Cara Riset Pasar untuk Menemukan Keyword Buyer

1. Buka www.adwords.google.com/keywordplanner , maka akan muncul tampilan
2. Silahkan isi nama email gmail dan username Sobat untuk login ke akun Google Adwords :
3. Setelah login (Sign in), akan muncul halaman pendaftaran jika Sobat baru pertama kali buka akun ini.
4. Pengisian Proteksi dg Nomor Hp dan Email Cadangan :
5. Pemilihan setting waktu dan mata uang :
6. Setelah Sobat klik tombol Continue di atas, maka akan di bawa ke halaman verifikasi akun sbb:
Cara Riset Pasar

Verifikasi Akun Google Adwords berhasil. Perhatikan ada tulisan ‘Next Step : Create your first campaign’. Terlihat bahwa akun ini sebenarnya untuk pemasang iklan Google Adwords. Namun Sobat tidak perlu khawatir, karena iklan tidak akan jalan (Sobat tdk akan ditagih) sampai memasukkan informasi billing. Untuk memakai alat Google Keyword Planner secara gratis, Sobat bisa klik tulisan biru di atas ‘Sign in to your Adwords account’. Nanti hasilnya terlihat seperti di langkah Bab III.


CARA MENGOLAH KATA KUNCI DARI GKP

1.   Sekarang mulailah dari Memilih menu Tools, Lalu pilih Keyword Planner :
      Abaikan petunjuk untuk membuat iklan pertama kali (create your first campaign). Fokuskan pada menu atas yg ada tulisan ‘Tools”. Lalu pilih ‘Keyword Planner’. Setelah Sobat memilih Sub menu Keyword Planner di atas, maka akan dibawa ke halaman riset seperti tahap berikutnya.
Cara Riset Pasar

2.   Halaman Riset Kata Kunci :
      Ada 4 cara riset yg ditawarkan Google Keyword Planner. Sebagai pemula, Sobat fokus saja dulu pada cara nomor 1 : Search for keyword and adgroup ideas. Cara ke-1 ini sudah Kami terapkan di kelas Bimbel RWP selama sekitar 6 bulan. Hasilnya, banyak peserta Bimbel yg sudah dapat order dalam tempo singkat, yaitu mulai dari 3 hari setelah Bimbel selesai, 6 hari, 2 minggu, 1 bulan, dan ada yg di atas 1 bulan. Okay, Setelah Sobat klik cara riset pertama di atas, maka akan terlihat kotak pengisian keyword seperti di bawah.
Cara Riset Pasar

3.   Masukkan nama kata kunci target sesuai nama produk atau jasa Sobat :
Cara Riset Pasar

      Usahakan menulis keyword utama target yg terdiri dari 2 kata atau maksimal 3 kata saja. Semakin panjang keyword utama, maka keyword turunan yg diberikan Google biasanya semakin sedikit. Sebagai contoh, Saya mengetikkan keyword perawatan muka (2 kata) dan perawatan wajah (2 kata) karena ingin menjual produk kecantikan wajah. Lalu ganti kotak Targetting : All location dg negara Indonesia dan All languages dg Bahasa Indonesia.
Cara Riset Pasar

      Ketikkan target Negara Indonesia dan Bahasa Indonesia (Indonesian). Hal ini kita lakukan dg asumsi target pasar produk Sobat ada di Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia. Untuk mengetikkan pada kotak berikutnya, klik aja mouse Sobat di luar area kotak di atas.
Cara Riset Pasar

      Selanjutnya Sobat bisa menekan tombol Get Ideas atau Dapatkan Ide untuk melihat jumlah pencari (pasar) ‘perawatan muka dan perawatan wajah’ serta kata kunci turunannya. Klik Get ideas untuk mendapatkan jumlah pencari kata kunci utama dan kata kunci turunan menurut rekomendasi Om Google.
4.   Terlihat Jumlah Pencari Kata Kunci Utama dan Kata Kunci Turunan sbb :
Cara Riset Pasar

      Abaikan Ad group ideas karena itu utk pemasang iklan. Sobat Pilih aja Keyword Ideas, lalu lihat hasil keyword total berjumlah 622. Lalu segera klik download/unduh untuk menyimpannya di komputer kita dalam format excel.
5.   Setelah tekan tombol Download di atas, maka akan keluar kotak dialog 1, dialog 2, dialog 3, dan dialog 4 sbb :
Cara Riset Pasar

Muncul kotak dialog 1 untuk download ke format excel. Klik tombol ’Download’.
Cara Riset Pasar

      Kotak dialog 2 untuk menyimpan ke format excel. Klik tulisan biru ‘Save file’.
6. Lalu buka File Excel tsb dari tempat penyimpanan di Komputer tadi dg klik 2x nama filenya :
7. Akan terbuka halaman excel yg berisi ratusan kata kunci turunan sbb :
Cara Riset Pasar


      Keyword hasil download tersaji dalam format excel. Sobat harus edit dulu tabel ini karena banyak kolom-kolom yg tidak kita perlukan. Hapus semua kolom kecuali sisakan 2 kolom saja, yaitu : Kolom Keyword dan Kolom Average Monthly Search.

8.   Nanti kolom yg tersisa seperti ini :
Cara Riset Pasar

      Ganti judul ‘Average Monthly Search’ dg ‘Jumlah Pencari/bln’. Ini baru Keyword awal yg diolah di excel pertama kali. Masih ada cara pengolahan berikutnya agar terlihat potensi pendapatan bersih jutaan rupiah dari kata kunci potensial yg disaring. Jika total jumlah pencari dijumlahkan, maka terlihat sementara jumlahnya 358.270 pencarian/bln. Ini masih data kasar.
9.   Untuk mengolah data excel tsb, kita pindahkan dulu posisi angka penjumlahan total ke sebelah kanan sbb :
      Pindahkan dulu posisi angka penjumlahan total ke sebelah kanan agar tidak terganggu saat kita olah datanya. Caranya dengan menarik kotak di sekeliling angka dg mouse ke kanan.
Cara Riset Pasar

10.     Tidak semua kata kunci yg ada di tabel nomor 8 di atas sesuai dg target pasar kita. Misal, coba lihat nomor 41 dan 45 pada tabel 8 di atas ; terdapat kata kunci ”perawatan rambut” dan ”perawatan rambut rontok” yg bukan merupakan target pasar Saya. Jika Saya menjual solusi obat perawatan muka, maka 2 kata kunci di atas tidak termasuk target pasar Saya. Untuk itu kita perlu melakukan filter agar yg muncul adalah kata kunci target sesuai produk kita. Perhatikan cara berikut :
Cara Riset Pasar

Hitamkan semua (bold) kolom A dan kolom B dari atas sampai bawah. Hal ini bertujuan agar kita bisa melakukan filter utk semua kata kunci di atas.
Cara Riset Pasar

Tekan menu Sort & Filter yg ada di sebelah kanan atas jendela excel Sobat. Lalu klik sub menu Filter di bagian bawahnya.

11.     Setelah kita memilih sub menu filter di atas, maka akan muncul tanda filter di tabel excel ‘keyword’ :
Cara Riset Pasar

Klik tanda panah di kolom keyword (1), lalu muncul jendela filter baru. Klik “Text filter”(2) dan pilih “Contains”(3).
12.     Akan terbuka jendela Autofilter Keyword seperti di bawah :
Cara Riset Pasar

      Pilih filter keyword dg “Contains”(1), lalu ketikkan 1 kata yg menggambarkan produk kita, misal Saya tulis ”muka”. Selanjutnya klik centang “Or” untuk memilih filter “Contains” lagi(2). Lalu ketikkan 1 kata lagi yg menggambarkan produk kita, misal Saya tulis ”wajah”.. Ini berarti keyword yg mengandung kata muka dan wajah akan dipilih dalam excel tadi, misal : perawatan muka, perawatan wajah, cara merawat muka, cara menghilangkan jerawat di wajah, dll. Sobat juga bisa pilih centang “And” jika 2 kata yg diketik ingin muncul menjadi 1 kata keyword gabungan, misal : perawatan muka wajah, cara merawat muka wajah, dll. Tekan OK(3).

13.     Setelah tekan OK, nanti akan muncul keyword-keyword yg hanya mengandung kata “muka” atau “wajah” sesuai filter yg Saya ketik di atas. Perhatikan hasilnya berikut :
Cara Riset Pasar

      Perhatikan tanda panah di atas. Keyword-keyword yg muncul hanya mengandung kata “muka” atau “wajah”. Selain 2 kata tsb, keywordnya dihilangkan otomatis. Sekarang Sobat bisa kopi semua keyword tsb plus jumlah pencarinya ke lembaran baru (new sheet). Caranya, Bold dari atas sampai bawah, lalu klik kanan mouse Sobat, pilih Copy.
14.     Setelah itu, Sobat paste ke halaman excel baru dg klik menu “Insert Worksheet” seperti di bawah :
Cara Riset Pasar

      Gerakkan (scroll) mouse Sobat ke bawah, lalu klik gambar kertas “Insert Worksheet” untuk membuka halaman kerja baru di excel. Di halaman tsb, Sobat akan membuat kerja baru mengelola keyword-keyword yg sudah difilter.
15.     Setelah halaman kerja excel baru terbuka (new worksheet), Sobat bisa paste semua keyword yg dikopi tadi sbb :
Cara Riset Pasar

      Silahkan Sobat klik kanan mouse, lalu tekan paste (panah 1). Selanjutnya Sobat arahkan mouse ke tulisan Sheet1 (panah 2), lalu klik kanan dan pilih “Rename” untuk memberi nama worksheet ini (panah 3). Perhatikan gambar berikutnya..!
16.     Beri nama worksheet Sobat sesuai dg nama keyword yg difilter, misal Saya memberikan nama “wajah-muka” sbb :
Cara Riset Pasar

      Perhatikan, lembar kerja ini sudah diberi nama “muka-wajah” sebagai penanda bahwa Saya sudah melakukan filter keyword dg 2 kata tsb. Sobat beri saja namanya sesuai keyword masing-masing. Kita bisa buat lembar worksheet baru lagi jika melakukan filter untuk keyword yg berbeda.

17.     Jika Sobat perhatikan tabel worksheet kita yg baru, maka akan terlihat jumlah pencari/bln nya belum ngurut dari yg terbesar ke yg terkecil. Kita perlu mengurutkannya untuk mengetahui 10 kata kunci paling potensial yg akan dimasukkan ke website Sobat nanti. Lihat gambar berikut :
 
Cara Riset Pasar

      Jika Sobat lihat pada kolom Jumlah Pencari/bln, maka terlihat urutannya masih acak. Kita perlu membuat urutan dari yg terbesar ke yg terkecil untuk mengetahui 10 keyword terbaik untuk dimasukkan ke dalam website nanti. Silahkan Sobat Bold dulu tabel di atas untuk membuat urutannya.
18.     Setelah dibold-kan seperti tabel di atas, segera cari menu Sort & Filter pada sisi kanan atas excel Sobat :
Cara Riset Pasar

      Klik Sort & Filter, lalu pilih Custom Sort. Nanti akan muncul jendela sortir seperti di bawah.
19.     Silahkan Sobat urutkan jumlah pencari/bln dari yg terbesar ke yg terkecil (Largest to Smallest):

Cara Riset Pasar
     
    Silahkan Sobat pilih kolom Sort by berdasarkan “Jumlah Pencari/bln”. Lalu pilih Order berdasarkan “Largest to Smallest”. Kemudian Klik OK.
20.     Hasil tampilan urutan keyword berdasarkan jumlah pencari/bulan sudah diurutkan seperti di bawah :
Cara Riset Pasar

      Sekarang sudah terbentuk urutan keyword berdasarkan jumlah pencari/bln dari yg terbesar ke yg terkecil. Data ini akan membuat Kita lebih mudah memilih 10 Keyword Terbaik berdasarkan “Potensial Buyer”. Keyword dg ”Jumlah pencari/bln” yg berjumlah 100 ke atas sudah termasuk bagus.
21.     Coba Sobat jumlahkan total potensi pasar keyword-keyword hasil urutan seperti tabel di atas. Jika Saya jumlahkan, maka total potensi pasar produk perawatan muka dan perawatan wajah adalah 105.110 per bulan :
Cara Riset Pasar

      Hasil penjumlahan Potensi Pasar per bulan produk perawatan muka dan perawatan wajah ini adalah 105.110 per bulan. Data ini masih bisa kita sortir lagi untuk mengetahui berapa prediksi pengunjung per bulan ke website dan berapa prediksi omset Sobat per bulan. Perhatikan tabel di bawah.
22.     Jika Sobat sudah belajar ilmu SEO Google dg baik dan diprediksi mampu mendatangkan pengunjung 30% dari potensi pasar di atas, dg konversi penjualan 10% nya, maka potensi omsetnya adalah sebagai berikut : 

Cara Riset Pasar

      Potensi omset produk perawatan muka dan perawatan wajah ini adalah lebih dari Rp. 300 Juta/bln jika harga produk @ Rp. 100.000,-. Sedangkan potensi omset bersih lebih dari Rp. 90 Juta/bln dg asumsi keuntungan produk @ Rp. 30.000,-. Sobat juga bisa hitung sendiri potensi omsetnya berdasarkan keyword masing-masing. Adakah perhitungan Sobat yg memperlihatkan angka puluhan juta sampai ratusan juta seperti di atas? Kalo ada, let’s continue. Mari kita lanjutkan sampai uangnya muncul....ha...ha..ha...Semangat..!!

Setelah Sobat tahu potensi omset puluhan juta sampai ratusan juta per bulan, maka tentu akan timbul semangat di diri kita untuk mencari tahu bagaimana cara mencapai omset tsb.
Ya, pertanyaannya : Bagaimana cara mencapai omset puluhan juta sampai ratusan juta tsb?
Jawabannya : Mulailah dengan membuat Meta Tags utk bahan optimasi website agar bisa tampil di halaman pertama Google.


CARA MEMBUAT META TAGS UNTUK MENCAPAI OMSET JUTAAN PER BULAN


1.   Memilih 10 keyword potensial buyer dari semua keyword yg sudah diurutkan tadi.
2.   Silahkan lihat panduan memilih keyword buyer di bawah ini :

CARA MEMBUAT META TAGS

       Pilih 10 keyword buyer berdasarkan 4 aturan di atas :
       +Pilih keyword dg jumlah pencari mencapai 100 ke atas per bulan,
       +Keyword tsb harus sangat berhubungan (connected) dg produk yg kita jual,
       +Hindari keyword yg terdiri dari kata tunggal/lebih baik pilih keyword berekor panjang yg terdiri dari dua kata atau lebih,
       +Pilih keyword yg memiliki tingkat persaingan 10 juta ke ke bawah.
       Perhatikan : 10 Keyword yg Saya beri warna kuning itu berarti sudah memenuhi 3 aturan pertama, sekarang akan ditetapkan aturan ke-4 yg berbunyi : Pilih keyword yg memiliki tingkat persaingan 10 juta ke bawah (yg akan ditulis pada kolom Jml Pesaing).
3.   Cara untuk mengetahui jumlah pesaing di bawah 10 juta atau bukan adalah seperti pada gambar berikut:
CARA MEMBUAT META TAGS

      Kopi keyword pertama yg sudah diberi warna kuning, lalu paste-kan ke halaman google.co.id (utk target pasar negara Indonesia). Lihat hasilnya :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Jumlah pesaing di atas terlihat berjumlah : 6.460.000
4.   Masukkan nilai jumlah pesaing 6.460.000 ke kolom excel sbb :
      Selanjutnya lakukan kopi-paste semua keyword berwarna kuning (10 keyword) ke google.co.id , lalu masukkan nilai jumlah pesaingnya di kolom ”Jml Pesaing”. Hasilnya akan terlihat seperti tabel selanjutnya.

CARA MEMBUAT META TAGS

5.   Setelah Sobat kopi-paste 10 keyword dan mendapatkan nilai jumlah pesaingnya, maka hasilnya akan demikian :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Sekarang 10 keyword sudah terlihat jumlah persaingannya di halaman google.co.id, semuanya masih di bawah 10 juta (perhatikan kolom ”Jml Pesaing”). Kalau kondisinya demikian, maka kita anggap semua pesaingnya masih kecil (di bawah 10 juta), sehingga Sobat harus yakin bisa tampil di halaman pertama Google dan mengalahkan pesaing-pesaing tsb.
          Untuk membuat Susunan Meta Tags, Sobat harus membuat urutan dulu keyword-keyword tsb dari urutan 1 s/d urutan 10. Tujuannya adalah untuk menentukan skala prioritas mana yg akan dioptimasi dulu jika nanti Sobat akan menerapkan ilmu SEO lebih dalam lagi.
          Kalau jumlah pesaing masih di bawah 10 Juta semua, berarti semua dianggap kecil dan sudah memenuhi syarat D seperti aturan pada Tahap 1 di awal Bab IV ini. Maka tugas Sobat tinggal membuat angka urutan dari 1 s/d 10 dengan memperhatikan kolom Jml Pencari/bln dari yg terbesar hingga yg terkecil. Perhatikan di kolom Urutan Keyword : khusus untuk posisi nomor 1 dan nomor 2 Saya balik posisinya. Keyword ”perawatan wajah” jadi nomor urut 1 dg jumlah pencari 9.900, sedangkan keyword ”cara memutihkan wajah” jadi nomor urut 2 dg jumlah pencari 14.800. Hal ini Saya lakukan karena mempertimbangkan faktor B pd aturan Tahap 1 Bab IV ini, yaitu keyword ”perawatan wajah” lebih luas hubungannya (lebih connected) dg produk yg akan Saya jual nanti, yaitu produk perawatan wajah utk berbagai keluhan kulit. Sedangkan keyword ”cara memutihkan wajah” adalah salah satu treatment dari produk perawatan wajah.
          Jika Sobat menemukan di kolom Jml Pesaing ada yg nilainya jauh di atas 10 juta, misal 12 juta ke atas (15 juta, 20 juta, 50 juta, dst), maka beri nilai keyword tsb di posisi urutan belakang pada kolom Urutan Keyword. Kalau jumlah pesaingnya gak jauh dari 10 juta, seperti 10,5 juta dan 11 juta, maka anggap saja jml pesaingnya masih kisaran 10 juta.
6.   Setelah Sobat membuat angka urutan 1 s/d 10 seperti pada kolom Urutan Keyword di atas, maka langkah selanjutnya adalah membuat Meta Tags pada file Ms Word di komputer Sobat. Sekarang buka program Ms Word yg masih kosong dan isi dengan tulisan sbb :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Silahkan Sobat buat tulisan seperti format di atas pada Ms Wordnya, ganti kata ”Perawatan Wajah” dg nama keyword utama hasil riset Sobat tadi. Jika Sudah, save as file tsb dengan nama sesuai judulnya, yaitu : 3 Meta Tags Situs Perawatan Wajah, lalu simpan di folder yg sama ketika Sobat menyimpan file excel hasil riset sebelumnya.
CARA MEMBUAT META TAGS

      File Meta Tags telah tersimpan.
7.   Sekarang tugas Sobat adalah kopi 10 keyword pilihan di excel yg sudah diurutkan seperti pada tahap 5 di atas, lalu paste-kan ke file Ms Word tadi : 

CARA MEMBUAT META TAGS

      Di Excel, Sobat kopi keywordnya sesuai nomor di kolom Urutan Keyword, misal Saya kopi keyword ”perawatan wajah” dulu ke file Ms Word Meta Tags, lalu kopi keyword ”cara memutihkan wajah”, dst sampai selesai 10 keyword sesuai urutannya. Lihat hasilnya di bawah.
CARA MEMBUAT META TAGS

Silahkan Sobat kopi-paste setiap keyword sesuai urutannya dari excel, lalu pisahkan antar keyword dg tanda koma (,).
8.   Setelah selesai menyusun urutan keyword, tugas Sobat selanjutnya adalah membuat Title Situs dg mengisinya di bawah ”Title” : 

CARA MEMBUAT META TAGS

      Perhatikan : Untuk membuat title yg SEO friendly, gunakan saja keyword-keyword teratas/terdepan sebagai bahan sebuah kalimat judul. Pilih keyword teratas/terdepan, namun enak dibaca jika dibuat sebuah rangkaian judul. Sobat bisa lihat arah tanda panah merah di atas sebagai penunjuk keyword yg Saya ambil utk bahan judul. Adapun tulisan Pin BB adalah sebagai daya tarik pengunjung agar lebih yakin mengklik situs kita jika ditemukan orang di halaman google. Jika Sobat tidak punya Pin BB, silahkan ganti dengan nomor HP. Namun perhatikan lagi, susunan title tsb masih bisa diubah lebih human friendly sehingga manusia yg baca lebih tertarik untuk nge-klik situs kita di Google. Perhatikan langkah selanjutnya di bawah.
      Catatan : untuk membuat tanda pisah (|), silahkan Sobat tekan tombol Shift, lalu tahan, sambil tekan tombol garis (\) di bawah Backspace.
9.   Buatlah susunan title yg hemat kata, namun masih enak dibaca manusia (human friendly), atau masih mudah dimengerti manusia. Hapus pengulangan kata yg ada di title agar bisa memasukkan kata lain. Sobat bisa cek title Saya di atas ada pengulangan kata ”perawatan wajah” 2x, maka Saya gabungkan Saja hasilnya demikian :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Perhatikan : Dengan menggabungkan 2 keyword menjadi satu (perawatan wajah berjerawat), maka Saya bisa memasukkan keyword lain yg beda, yaitu ”produk kecantikan muka”. Jadi sekarang title Saya berisi keyword yg padat dan berbeda kata (tidak terjadi pengulangan kata berlebihan). Namun masih ada satu hal lagi, yaitu apakah title tsb sudah pas dg space title di halaman google atau tidak.
      Karena kalau titlenya melebihi space title halaman google, maka akan diganti dengan tanda titik-titik (......) oleh Om Google. Perhatikan contoh cuplikan yg Saya dapat dari halaman Google berikut :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Coba Sobat lihat, Saya menyamar sebagai pengunjung yg mengetikkan kata kunci ”perawatan wajah”. Lalu Om Google memberikan rekomendasi 3 situs teratas seperti pada gambar. Situs pertama (1) memiliki title yg pas dan bagus. Situs kedua (2) dan ketiga (3) memiliki title berlebihan space-nya. Akibatnya Om Google menutup sebagian kata titlenya dg titik-titik (.....). Hal ini tentu akan sangat merugikan Sobat jika ternyata kata yg dihilangkan tsb merupakan kata kunci utama yg Sobat bidik. Akibatnya, Sobat akan kalah bersaing dg orang lain karena keyword nya tidak muncul di title space google ketika orang mencari di situs Om Google...Jadi paham sekarang kan?
     Bagaimana caranya untuk lebih memastikan title Sobat muncul semua di halaman Google tanpa terpotong? Nah, gunakan alat gratis di SEO Mofo. Ini link situsnya :

CARA MEMBUAT META TAGS

      Perhatikan gambar : Google membatasi jumlah karaktek utk title situs kita di bawah 70 karakter. Sedangkan space utk deskripsi dibatasi sampai di bawah 156 karakter. Selain batasan karakter fix di atas, google juga mempertimbangkan lebar pixel untuk huruf-huruf kita. Jadi untuk lebih mudah ngitungnya, buat title maksimal 60 karakter, dan deskripsi maksimal 145 karakter.
10.     Situs SEO Mofo memberikan peluang agar Sobat bisa melakukan tes dulu sebelum title situs kita muncul di halaman google. Kopi dulu title yg sudah Sobat buat ke situs SEO Mofo sbb :
CARA MEMBUAT META TAGS

      Saya kopi titile dari file meta tags ke SEO Mofo untuk nge-tes apakah title Saya kepotong atau tidak di halaman Google nanti. Ketika Saya melakukan kopi-paste title ke SEO Mofo, ternyata title situs Saya terlalu panjang, yaitu 92 karakter. Akibatnya, title Saya diberi tanda titik-titik (....) di sebelah kata ”Produk”. Saya harus memendekkannya sehingga hilang titik-titik nya atau mendekati 60 karakter/batas maksimal. Perhatikan hasilnya setelah Saya edit:

CARA MEMBUAT META TAGS
    
     Setelah diutak-atik, ternyata Saya harus menghapus keyword ”Produk Kecantikan Muka” dan menghapus kata ”wajah” pada keyword ”Krim Pemutih Wajah”. Namun kata ”wajah” tsb masih bisa dibaca oleh Om Google karena ada pada keyword ”Perawatan Wajah Berjerawat”. Dengan cara ini, tanda titik-titik (....) sudah hilang dan keyword di titile muncul semua. Untuk memasukkan keyword yg dihilangkan tadi, kita bisa memasukkannya kembali di bagian Deskripsi situs yg akan kita bahas selanjutnya. Jangan lupa, kopi-paste dulu Title hasil bentukan dari SEO Mofo di atas ke file Ms Word Meta Tags. Jadi titlenya akan berubah seperti di bawah (langkah 11).
11.     Buat Deskripsi situs dg cara memanjangkan kalimat di Title dan ditambah keyword lain yg belum masuk di Title. Sobat juga bisa menambahkan kata-kata lain sebagai pemanis agar pengunjung semakin tertarik mengklik Situs Sobat. Perhatikan contohnya : 

CARA MEMBUAT META TAGS

      Jika Saya tulis ulang Deskripsi di atas, maka tulisannya adalah :
      Perawatan wajah untuk yg berjerawat, krim pemutih wajah, produk kecantikan muka utk kulit kusam, berminyak, dan kering. | Hp : 0818-0493-4850.
      Semua unsur keyword penting sudah dimasukkan ke dalam Deskripsi. Sekarang tinggal nge-tes di SEO Mofo apakah deksripsi tsb akan dipotong Om Google atau tidak....Lihat gambar di bawah.
12.     Ahaaa....ternyata Deskripsinya pas setelah Saya tes di SEO Mofo. Sobat bisa cek gambar berikut :

CARA MEMBUAT META TAGS

      Jika Saya tulis ulang, maka Title dan Deskripsi situs Saya nanti adalah sbb :
      Title :
      Perawatan Wajah Berjerawat | Krim Pemutih | PIN : 2AFF9AAB
      Deskripsi :
      Perawatan wajah untuk yg berjerawat, krim pemutih wajah, produk kecantikan muka utk kulit kusam, berminyak, dan kering. | Hp : 0818-0493-4850.
Lalu tugas Saya terakhir adalah menyiapkan nama domain website dengan mengambil kata-kata dari sebagian yg ada di title atau sebagian yg ada di deskripsi. Kadang nama domain yg kita siapkan sudah dimiliki orang lain karena mereka lebih dulu memesannya. Jika demikian, ada baiknya Sobat siapkan 3-5 nama domain sebagai cadangan jika nama pertama sudah dimiliki orang.
Contoh persiapan 3-5 nama domain website yg diambil dari Title/Deskripsi :
www.PerawatanWajahBerjerawat.com  (blm ada yg punya)
www.KrimPemutihWajah.com  (sdh ada yg punya)
www.ProdukKecantikanMuka.com  (blm ada yg punya)
www.ProdukPerawatanWajah.com  (sdh ada yg punya)
www.PaketPerawatanWajah.com  (sdh ada yg punya)
www.KrimPerawatanWajah.com  (blm ada yg punya)

  ______________________________________________________________________


Tampil Halaman Pertama Google

Tampil di Halaman Pertama dengan Belajar SEO Google di RWP Grup, situs Sobat akan banyak kedatangan pengunjung tertarget dari kata kunci. Apa itu SEO? adapun SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization Jika sudah banyak pengunjung datang dari kata kunci, maka konversi penjualan Sobat akan meningkat…!”

Ini gambaran alur bagaimana order bisa meningkat hanya gara-gara tampil di halaman pertama Google :

———————————
Belajar SEO dengan Setting Website SEO friendly >> Posting Artikel + Gambar >> Terapkan SEO Onpage >> Terapkan SEO Offpage >> ilmu Bedah Website >> Analisa GWT >> Analisa GA >> Fokus Optimasi Target >> Pengunjung meningkat…!
———————————
catatan :
GWT = Google Webmasters Tools
GA = Google Analytics.
Fokus Optimasi Target = pilih apakah GI, SQ, CTR, Average Position, Page Speed Google, faktor Bouncing, dll.

Perhatikan ungkapan umum dalam Bisnis Online ini :
Sepi Pengunjung = Sepi Penjualan.
Ramai Pengunjung = berpotensi meningkatkan penjualan lebih banyak lagi.


Siapa yang perlu belajar SEO Google di RWP Grup ini ?

Jika Sobat hanya mengandalkan Belajar SEO Google di RWP Grup saja, itu sudah cukup untuk mendatangkan omset Jutaan Rupiah per bulan dari internet. Untuk Sobat ketahui, Ilmu SEO Google yang diajarkan RWP sudah di terapkan pada sekitar 1.000 website peserta Bimbel Bisnis Online RWP/Member RWP. 





Berikut 3 Profil Sukses Member RWP GRUP Grup:


----------- Omset 10-20 Juta Setelah Ikut Bimbel Belajar SEO Google di RWP Grup -----------

Belajar SEO Google di RWP Grup



MANTAF. Omset Rp. 10-20 Jutaan setelah beberapa bulan bedah Website

Alhamdulillah sekali setelah melakukan edit beberapa artikel, beberapa bulan berikutnya Website Saya mulai bertambah pengunjung dan orderpun mulai bertambah. Kalau sebelumnya dalam sebulan dapat 2-3 order, sekarang bertambah antara 5-10 order per bulan (dg Omset Rp. 10-20 Jutaan).

Saya mendaftar Belajar SEO Google di RWP Grup pertengahan Juni 2013 sebagai Member Premium RWPGRUP. Alasannya tentu saja sama dengan teman-teman RWP GRUP, kepingin bisa berpenghasilan dari online, di samping usaha offline tempat Saya bekerja sedang kurang ramai.

Website pertama yang saya buat yaitu filterairtirtamas.com menggunakan jasa hosting rekomendasi RWP GRUP waktu itu. Setelah berjalan beberapa bulan dan tahun, ternyata belum fokus untuk optimasi web Saya karena masih berbagi waktu dg pekerjaan offline sebagai teknisi di Water Treatment. Alhasil web Saya jarang menghasilkan order, rata-rata dalam sebulan Saya mendapatkan 2 -3 order dari online, dengan omset antara 1 – 5 Juta sebulan.

Pada awal tahun 2016, Saya ikut Bimbel Belajar SEO Google di RWP Grup Google di RWP GRUP Pusat dan mulai diarahkan dalam optimasi Web oleh Pak Davit.

Ilmu SEO yang baru Saya terapkan yaitu Onpage dengan melakukan edit artikel agar sesuai dengan standar SEO Google, sementara SEO Offpage belum sempat Saya kerjakan.

Buat teman-teman yang Belajar SEO Google di RWP Grup, jangan ragu yah kalau sudah terjun ke Bisnis Online. Saya sudah buktikan Bisnis Online bisa diandalkan bahkan sudah melebihi omset offline Saya. RW PGRUP adalah tempat belajar yang pas buat teman-teman tentunya.

Terimakasih
Komah Pada Pamungkas – Member RWPGRUP Parung.






----------- Jual Kasur Online – Order Rp. 17,5 Juta -----------

Belajar SEO Google di RWP Grup




Order Rp. 17,5 Juta dari 1 Pembeli. Membuktikan bahwa kita bisa BERBISNIS ONLINE dg menjual Produk orang lain dulu.

Perkenalkan, nama Saya Bambang Sukodarminto. Saat ini Saya tinggal di Tomang Grogol Jakarta Barat. Saya asli Putra Pati, Jawa Tengah.

Saya mulai menekuni Bisnis Online sejak tahun 2014 setelah Saya memutuskan resign dari pekerjaan Saya sebagai karyawan swasta di daerah Ancol Jakarta Utara. Sebenarnya Saya sudah menjadi Member RWP sejak akhir tahun 2009. Tapi karena gak fokus dan kurang praktek, hasilnya juga tidak ada. Pada saat awal-awal menjadi member RWP, Saya serius baca ebooknya dan coba praktek, tapi ya karena ga sungguh-sungguh akhirnya down dan beralih ke kesibukan lain, sampai akhirnya setelah sekian lama pas mau belajar lagi lupa password untuk masuk ke member area. Dan sepertinya ini terjadi sampai 2 atau 3 kali…

Saya baru mengambil keputusan untuk mengikuti kelas Bimbel Belajar SEO Google di RWP Grup di RWP Pusat setelah mulai rajin baca postingan di blog RWP dan belajar langsung dari para Pengajar di RWP dan juga dari Pak Davit pada bulan Februari 2015 yang lalu.

Dan sekitar bulan Mei 2016 Saya mulai mendapatkan order dari website yang Saya buat pada saat bimbel di RWP (saat itu Bimbelnya masih berlangsung & sudah dapat order).

Tujuan Saya menjalankan Bisnis Online tentu saja ingin mendapatkan kebebasan waktu dan uang serta ingin menjadi bos dari usaha yang kita kelola sendiri. Bisa dibilang sebelum Belajar SEO Google di RWP Grup di RWP, saya gagal total dan tidak mendapatkan apa-apa. Saya sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli ebook dan ikut berbagai pelatihan bisnis, tapi hasilnya nihil. Dan saya mulai bisa merasakan penghasilan secara kontinyu dari online setelah fokus belajar di RWP.

Saya hanya menerapkan ilmu SEO On Page dan Off Page yang diajarkan pada saat ikut Bimbel di RWP untuk mendapatkan pembeli di website. Alhamdulillah dengan Ridho Alloh SWT, Ilmu tersebut mampu mengantarkan sebagian keyword website Saya ke halaman 1 google. Dan ilmu SEO yang saya pelajari saat Bimbel di RWP juga saya aplikasikan untuk website pertama saya dan website yang lain sehingga ORDERpun berdatangan ke website Saya yang lain.

Ikuti saja alur Belajar SEO Google di RWP Grup sesuai dengan alur yang sudah di buat oleh Pak Davit di RWP dan kerjakan dengan benar. Karena Saya sudah membuktikannya sendiri…!”

Sukses Untuk Kita Semua Yang Terus Berusaha..!!!

Jakarta, 7 Agustus 2016
Bambang Sukodarminto – Member RWP Jakarta.
Website :




-----------  Wuiih, Dapat Order 10 Milyar dari Blog Gratis…! -----------

Belajar SEO Google di RWP Grup



Subhanallah, Walhamdulillah, itulah kalimat yg pantas diucapkan oleh Pak M Fadholi, Member RWP Lampung yg baru dapat Order Rp. 10 Milyar lebih hanya bermodalkan Blogspot gratis & produk milik orang lain.

Saya ikut Belajar SEO Google di RWP Grup klo tdk salah bln April / Mei thn 2014. Daftar di member premium RWP. Karena kesibukan mengelola lembaga pendidikan dan lembaga sosial, sy tdk bs optimal dan fokus. Akan tetapi tetap tertanam NIAT yg kuat utk berhasil di bisnis online. Sy tetap pelajari panduan yg ada di Ebook, berulang-ulang. Sy sdh buat beberapa blog, akan tetapi blm juga PECAH TELOR. Sempet juga putus asa utk nerusin niatan sy utk berhasil di bisnis internet.

Sy secara rutin dpt email dr RWP, perkembangan2 terkini member-member RWP yg sdh berhasil. Sy fikir, mereka bisa knp sy tdk?

Sy terus belajar mempelajari kekurangan dr blog sy dan sy jg tdk terburu2 ingin berhasil, krn klo terlalu berharap cepat berhasil sdgkan apa yg kita lakukan belum sesuai dg aturan Eyang Google, ya tentu malah bs DOWN (patah semangat) krn media yg kita pakai jualan kan blog/website, jd ya hrs pakai aturan yg punya. Betul tdk?

Apalagi dg pekerjaan Sy yg ckp menyita waktu, hingga bulan September thn 2015 blm jg pecah telor. Sy akui belum benar2 optimal dan fokus sebelumnya. Titik balik 180 derajat, setelah sy ketemu dg kawan lama di Bogor bulan Nopember (awal bulan) tahun 2015.

Dia berkeluh kesah krn usaha sewa dump truck-nya sepi order. Padahal unit dump truck-nya di beli dg cara kredit. Bahkan sdh mau ditarik perusahanan leasing mobil nya, trs sy tawarkan pd beliau utk sy buatkan blog spy cepat dpt order (Sy yakinkan beliau klo sy bs bantu).

Besoknya Sy buatkan blogspot, beliau msh saja gak percaya, lha yg blognya bagus2 berbayar saja gak dpt order, apalagi ini cuma gratisan, celetuknya, Sy cuma senyum saja.

Belum genap 1 bln umurnya, blog yg sy bikin sdh PECAH TELOR ! Kebetulan saat dpt telpon dari pemesan dumptruck itu, Saya sdg duduk bersama beliau di depan rumah. Gak tanggung2, dpt order 20 unit ! dg nilai kontrak 12 jt x 10 unit x 2 bln = 240 jt. Krn yg beliau punya cm 10 unit, maka yg 10 unit di lempar ke kawannya, coba kalo beliau semua yg punya …  Saking gembiranya Sy di traktir makan2..

Luar biasa Blogspot dpt 240 jt, kt nya berulang2…, sejak itu orderpun datang kaya air mengalir, Td pagi MOU sewa dumptruck 10 unit di Cianjur kontrak 1 tahun  (senilai Rp. 1,4 Milyar = 12 Juta x 10 unit x 12 bln). Subhanalloh ! baru di bayar 3 bln (sesuai perjanjian). Saat sy tulis testimoni ini jg, ada telpon lg yg mau order walau cuma 2 unit. Karena unit terbatas, Sy sdh buat kerjasama dg beberapa pengusaha sewa dump truck. Bahkan salah satu dealer mobil dump truck menawarkan kerjasama (mohon doa kwn2 semua..!).

Mobil yg tadinya mau ditarik pihak LEASING karena sepi penyewa, kini KEBANJIRAN ORDER dari blog gratis …! Subhanallah…Dahsyat…!

“Alhamdulillah, barusan dapat Order lagi Rp. 960 Juta utk pembayaran 2-3 bulan. Dapat order sewa dump truck dari 2 orang hari ini utk sewa sampai 2 tahun (MOU)”. Pembayaran per 2-3 bulan sekitar Rp. 960 Juta dg rincian :

A. Orang pertama bayar per 3 bulan utk dump truck ukuran 10m3 = 12 Juta x 10 Unit x 3 bulan = Rp. 360 Juta.
Kalo ditotal 24 bulan, maka = 12 Juta x 10 Unit x 24 bulan = Rp. 2,88 Milyar.

B. Orang kedua bayar per 2 bulan utk dump truck ukuran 24m3 = 30 Juta x 10 Unit x 2 bulan = Rp. 600 Juta.
Kalo ditotal 24 bulan, maka = 30 Juta x 10 Unit x 24 bulan = Rp. 7,2 Milyar.

C. Total kedua pemesan utk 2-3 bulan pembayaran adalah Rp. 960 Juta > dilanjutkan sampai masa kontrak 2 tahun..
Jika ditotal selama 24 bulan, maka transaksinya = Rp. 2,88 Milyar + Rp. 7,2 Milyar = Rp. 10,08 Milyar.

Pemilik produk sampai kewalahan & kebingungan, karena order terus berdatangan selain order 10 Milyar tsb…!
Ordernya TAK DAPAT DIBENDUNG, bak air mengalir di musim hujan. Sementara jumlah trucknya tidak cukup utk memenuhi permintaan penyewa yg masuk hampir setiap hari.

Order yg datang berasal dari berbagai kota/kecamatan, di antaranya : Rumpin, Sentul, Sukabumi, Bandung, Cianjur, Purwakarta, Karawang, Bekasi, Bogor, Tangerang, dll.

Sy terapkan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup guru kita Pak Davit, dr riset kata kunci yg menjadi target jualan kita, trs dilanjutkan membuat Title, Diskripsi, langsung Sy cek di SEOMOFO. Setelah oke, sy daftarkan di GWM, GA, Google add URL dst. Oh ya jgn lupa masukkan keyword di dalam HTML blog, selanjutnya Posting min 500 kata. Sertakan gambar min 3 – 4 gbr, jgn lupa juga isi alt gbr nya.

Order semakin meningkat ketika saya belajar Bimbel Omset 10 Juta, Sy terapkan lg pake jurus pamungkas SEOQUAKE, shg density kata kunci target jualan kita sesuai maunya aturan Eyang Google, Diagnosis titel, diskripsi pun oke. Orderpun mengalir. Padahal Sy cuma bikin post 1 halaman saja sbg Sales Letter. Alhamdulillah..!.

Utk kwn2 yg blm berhasil, jgn menyerah. Terus semangat dan fokus, Sy siap utk sharing-sharing jika dibutuhkan (he he…).

Muharom Fadholi – Member RWP Lampung,
Website :





-----------  Sukses Bisnis Online Bermodal Ngutang. -----------

Belajar SEO Google di RWP Grup


"Alhamdulillah penjualan Saya meningkat di akhir tahun 2015 sampai 20 closing, dan pernah Saya senang sekali ada customer menelpon minta barangnya diantar alias langsung ketemuan. Berhubung cocok motifnya, jadi langsung di order pada hari itu juga, dapat keuntungan mencapai Rp. 1.500.000,- dalam sehari karena belinya banyak."......

Saya belajar di RWP pada bulan September 2014 (Bimbel Nyantri Toko Online). Wahhh udah lama banget ya, tapi kok baru sekarang bisa kasih testimoni? Habisnya pecah telornya lama juga, hehehe.  Tapi tidak apa-apalah.

Sebelumnya Saya mau bercerita sedikit sebelum Saya berangkat ke Bogor.

Waktu itu saya menelpon Pak Davit untuk konsultasi tentang bisnis yang ingin Saya jalani, karena di desa Saya perempuannya buat kain Songket Palembang asli tenun tangan dan laki-lakinya pengrajin pandai besi (pembuatan pisau, parang, arit, agreg sawit, pedang dan lain sebagainya).

Tapi waktu itu untuk mengikuti Bimbel Nyantri tidak punya uang karena biayanya lumayan mahal…. heee ternyata pada saat komunikasi bisa dicicil, akhirnya Saya ikuti Bimbel Nyantri Toko Online dan biayanya Saya berhutang sama kakak saya.

Singkat cerita, Saya keesokan harinya berangkat ke Bogor. Itu baru pertama sekali Saya berangkat sendirian dan Alhamdulillah akhirnya sampai ke Kantor RWP bertemu dengan kawan-kawan yang ikut bimbel nyantri juga.

Di sana enak belajarnya, karena diajarin satu-satu tapi sayangnya di tengah perjalanan atau keesokan harinya laptop Saya tidak bisa konek ke internet. Kadang konek tapi lambat, akhirnya Saya ketinggalan pelajaran padahal waktunya sangat berharga karena udah jauh-jauh datang dari kampung.

Yaaa Saya pasrah saja sampai akhirnya pulang ke kampung lagi. Pada saat pulang, ada cerita sedikit di perjalanan tepat di Terminal Kampung Rambutan-Jakarta. Heheh alias tempat pemberangkatan pulang kampung. Di dalam bis ada orang yang nekanin Saya disuruh beli jam, Saya gak mau tapi dia memaksa sampai-sampai kalau Saya gak mau dia ancam dengan pisau.

Saya langsung keluar berlari ke loket mendekati orang ramai, tapi dia masih mengikuti akhirnya saya beli jam itu seharga Rp. 30.000,-. Awalnya dia kasih harga Rp. 100 Ribu lebih, tapi Saya bilang saya punya uang Rp. 50 Ribu dan bagaimana caranya Rp. 20 Ribu kembalikan kepada Saya karena saya mau pulang dan alhamdulillah uang Rp. 20 Ribu di kembalikannya.

Sesampai di rumah, website jarang Saya kelola alias nganggur karena belum paham dan lama saya tinggalkan. Walaupun sekali-sekali Saya kelola. Karena belum ada orderan, Saya berjualan Es Sop Buah karena ngerasa website yang Saya buat tidak berhasil.

Beberapa bulan kemudian pada saat jualan es, ternyata ada yang telpon dan menanyakan produk yang Saya jual. Saya kesulitan karena barang yang saya jual punya orang alias tetangga. Saya belum punya modal untuk mempunyai produk sendiri karena harga satuannya Jutaan Rupiah bahkan lebih. Tapi alhamdulillah, barangnya dapat dan jadi diorder waktu itu, kalau gak salah dapat order 3 buah dari orangnya berbeda dan waktu yg berbeda juga.
Kemudian tidak ada lagi yang order karena HP Saya rusak. Jadi bagaimana mau komunikasi sama customer, maklum HP sisa dari kakak saya, hehehee….

Terus Saya mencari uang biar bisa membeli HP baru walaupun produk yg saya jual punya orang dan Saya belajar fokus karena kata Pak Davit harus fokus.

Saya terapkan Ebook BSG yang saya beli, dan Saya print ebook-ebooknya semua, Saya ikuti langkah-langkah yang ada di ebook BSG tersebut.

Alhamdulillah penjualan saya meningkat di akhir tahun 2015 sampai 20 closing, dan pernah saya senang sekali ada customer menelpon minta barangnya diantar alias langsung ketemuan. Berhubung cocok motifnya, jadi langsung di order pada hari itu juga, dapat keuntungan mencapai Rp. 1.500.000,- dalam sehari karena belinya banyak. :).

Sebelum ketemu dengan RWP, Saya sering dapat artikel dari Ibu Anne Ahira. Saya termotivasi karena sering dapat artikelnya.

Masalah pembuatan website itu karena belajar nyantri, jadi dibantu sama tutornya. Salah satunya kalau gak salah Kak Ambari, terima kasih Kak Ambari walupun banyak ketinggalan dikarenakan laptopnya tidak konek, hehehe.

Ilmu SEO yg saya terapakan adalah Ebook BSG itu aja. Saran Saya buat pemula, fokus fokus fokus. Terima kasih, cuma itu yang bisa Saya buat mohon maaf Pak, kalau tulisannya tidak teratur silahkan di perbaiki kata-katanya, dan kalau ada yang tidak penting silahkan di hapus”.

Sulaiman – Member RWP Palembang.







Selain memberikan materi Belajar SEO GOOGLE di RWP Grup, Kami juga memberikan bonus ilmu Bedah Website (BW) di Member Area. Gabungan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup + Bedah Website merupakan ilmu analisa yg powerful untuk mengantarkan situs Sobat tampil di halaman pertama Google dg kata kunci yg lebih banyak lagi.

-        Dengan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup + Bedah Website, maka situs yg sakit SEO-nya bisa disembuhkan.

-       Dengan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup + Bedah Website, maka situs yg sepi pengunjung bisa diketahui penyebabnya. Lalu diketahui pula cara-cara untuk meramaikan Pengunjung ke situs yg sepi tsb.

-      Jika situs sedang sakit atau sepi pengunjung, sementara umur situs tsb sudah bulanan atau tahunan, maka diperlukan kesabaran Sobat untuk menyembuhkannya sampai sehat. Bukan berarti setelah dibedah situs Sobat langsung naik dg cepat ke halaman pertama Google. Perlu proses untuk menarik atau menimpa halaman situs Sobat yg sudah terindex di database Google dg nilai SEO yg buruk.

-      Catatan SEO yg buruk atau low quality di mata robot google harus kita hapus dari database mereka. Lamanya proses penghapusan data SEO yg buruk menuju data SEO yg bagus tergantung dari sudah berapa banyak Google Index situs Sobat yg disimpan di database Google.

-    Semakin banyak Google Index (GI) yg sudah tertanam di Google, maka semakin lama proses penyembuhannya.

Selain faktor GI, ada faktor SEO lain yg perlu disembuhkan, tergantung komponen SEO mana yg sakit. Hal ini akan menentukan Fokus Optimasi mana yg harus dilakukan jika salah satu atau banyak komponen SEO yg sakit. ==> Fokus Optimasi Target utk Penyembuhan = Cek apakah GI, SQ, CTR, Average Position, Page Speed Google, faktor Bouncing, dll.


——--—–

Belajar SEO Google di RWP Grup yaitu Bedah Website & Optimasi Target SEO (Search Engine Optimization) ibarat menyembuhkan orang dari ruangan bedah di sebuah rumah sakit. Jika penyakitnya sederhana seperti operasi kutil atau operasi kulit luar, maka waktu penyembuhan juga cepat. Jika penyakitnya berat seperti operasi jantung, operasi kanker, atau operasi penyakit tubuh bagian dalam, maka perlu waktu yg lebih lama untuk penyembuhannya.

Hal ini perlu Sobat sadari karena tidak ada sesuatu yg instan dalam Belajar Ilmu SEO ini. Perlu proses analisa dg ilmu Bedah Website & waktu penyembuhan tergantung berat/ringannya penyakit SEO suatu situs.

Namun kabar baiknya adalah, Jika sejak awal pembuatan Situs Sobat menerapkan kaidah-kaidah yg ada dalam ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup, maka proses untuk tampil di halaman pertama Google akan lebih cepat.

Pengalaman pada situs Kami & situs murid RWP, ada yg masuk halaman pertama Google dalam waktu 1 bulan atau kurang, ada yg 2 bulan, dan ada yg 3 bulan sejak situsnya dionlinekan, dll.

Jika sudah menerapkan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup lebih awal, maka proses Bedah Website (BW) akan menjadi lebih ringan. Hasilnya akan menjadi lebih cepat…!


Panduan Belajar SEO Google di RWP Grup (BSG) + Bedah Website (BW):
1. Dapat Keanggotaan BSG yg terdiri dari 3 Ebook SEO Google (senilai Rp. 270.000,-) : www.BelajarSeoGoogle.com>>BSG
2. Dapat 2 Ebook Bedah Website untuk pegangan PRAKTEK di rumah.
3. Dapat pertemuan tatap muka 1x sebulan di Kantor RWP Pusat (hanya bayar konsumsi).
4. Dapat fasilitas tanya jawab di Grup Diskusi Telegram khusus membahas SEO + Bedah Website.


Bonus Pelatihan Tatap Muka & Join di Grup Telegram
Jika Sobat ikut pelatihan tatap muka & join di Grup Telegram BSG + BW, maka akan mendapatkan Materi Powerful untuk analisa kesehatan situsnya.

Poin-poin Bedah Website yg akan Kita lakukan untuk Analisa Kesehatan Situs adalah sebagai berikut:



A. Pilihan template SEO friendly & settingan plugin pendukung SEO Google.
B. Teknik penulisannya bersifat SEO friendly atau bukan.
C. Apakah umur website sebanding dg jumlah Google Index (GI)?
D. Apakah jumlah GI sebanding dg keyword yg datang dari Google (SQ)?
E. Apakah jumlah SQ sudah memancing datangnya klik pengunjung dari Google?
F. Apakah total pengunjung yg datang sudah sampai 100 visitor/hari atau belum?
G. Apakah persentase komposisi pengunjung sudah ideal untuk mendatangkan pengunjung terus-menerus : sumber direct, sumber organic search, sumber referral, dan sumber social.
H. Apakah jumlah pengunjung sudah ideal dg Omset yg diperoleh selama ini?
I. Apakah ada faktor sistem & faktor non sistem yg menyebabkan sepinya pengunjung?
J. Apakah Server Hosting yg kita sewa menyebabkan SEO turun atau tidak.
K. Apakah Pengunjung menyukai tulisan yg sudah kita buat di Website atau tidak?
L. Tulisan atau postingan mana saja yg paling banyak dibaca pengunjung?
M. Dan hal-hal lain yg Kami bedah untuk mengetahui Website Peserta sudah sehat atau sedang sakit?




Apa Targetnya dg mempelajari ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup (BSG) + Bedah Website (BW)?
1. Target sederhana adalah meningkatkan jumlah Pengunjung.
>>Target minimal 100 Pengunjung/hari. Target jangka panjang adalah di atas 1.000 Pengunjung/hari.
2. Target Omset Penjualan.
>>Kita bisa mengukur Potensi Omset dg melihat jumlah Kata Kunci yg masuk dari Google, Jumlah Pengunjung Organik & Sosial, lalu dikalikan dg harga barang yg kita jual.
>>Semua ada alat ukurnya…!

Dengan ilmu Belajar SEO Google di RWP Grup (BSG) + Bedah Website (BW) ini, setidaknya Sobat akan tahu apa kelebihan & kekurangan situs Sobat di mata Mbah Google…!

Dan ingat BONUSNYA : Setelah Kelas BSG + BW selesai, Sobat akan Kami berikan TUGAS untuk dikerjakan di rumah masing-masing supaya bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke situsnya…!




Buruan Ikutan Kelas Bimbel Belajar SEO Google di RWP Grup dan Bedah Website disini ya. Sobat bisa pilih sendiri…!!!



1.   Kelas Blog Gratis + SEO Google (Kelas Online & Offline)

     Materi :
1.    Riset Pasar dg Alat Keyword Google. 
2.    Buat Meta Tags Seo.
3.    Buat Blog Gratis + Settingan Seo Google.
4.    Cara Posting teknik SEO Google supaya tampil di halaman pertama. 
5.    Belajar Template Blogspot.

Materi terdiri atas 9 Ebook + 9 Video Tutorial :
1.    Riset Kata Kunci (pdf & video), 2 Ebook = Belajar melihat pangsa pasar produk/jasa yg akan sobat tawarkan dg mengambil sample trend pengunjung dari kata kunci produk/jasa
2.    Cara Membuat Blog (pdf & video) = Membangun tempat utk sobat jualan/promosi
3.    Cara Membuat Menu & Fanpage (FB) (pdf & video) = Mempercantik dan Mengenalkan Blog ke FB
4.    Cara Setting Dasar Blog ( pdf & video ) = Optimasi fungsi – fungsi utama blogger
5.    Cara Posting Blogger ( pdf & video ) = Membuat konten promo produk/jasa yg menarik & benar
6.    Cara Daftarkan Akun Google Analytics (pdf & video) = Mengenalkan blog ke alat penganalisa dari google, agar sobat dapat mengetahui karakteristik pengunjung blog sobat berdasarkan data google
7.    Cara Mendaftarkan Alamat Blog ke CTRLQ (pdf & video) = Buat akun utk sinkronkan blog ke webmaster google
8.    Cara Mendaftarkan Alamt Blog ke Google Webmaster Tools (pdf & video) = Daftarkan blog ke Webmaster Google utk diindeks lebih cepat > agar sobat tahu kualitas blog nanti di mata mesin pencari google.
9.    Panduan Ganti Template (pdf & video) = Merubah tampilan blog secara keseluruhan dg template berbeda. 




Bonus Kelas Offline : Dipandu Daftar Program Google Adsense dg Blog Gratis jika ikut Kelas Tatap Muka. Peluang dapat Komisi Dollar dari iklan Google.



2.   Kelas Website Wordpress + SEO Google (Kelas Online & Offline)

Materi : Ini Materi Kelas Web + Seo Google, Dapat 18 Ebook + 18 Video nya sblm Belajar: 
1.    Riset Pasar di Google.
2.    Belajar SEO Google web > Supaya tampil di halaman pertama Google.
3.    Install website & optimasi plugin-plugin (alat optimasi website).
4.    Belajar cara posting SEO Friendly.
5.    Belajar bagaimana caranya mendatangkan banyak pengunjung ke website dg Seo Onpage dan Seo Offpage.
6.    Belajar Facebook Marketing > Fanpage Facebook, cara memperbanyak teman & memperbanyak fans supaya dapat pasar tertarget.
7.    Sudah mendapatkan domain+hosting untuk 1 tahun.

Materi Kelas Website terdiri atas 18 Ebook + 18 Video Tutorial:
Materi 1    : Riset Kata Kunci Tahap 1 (pdf & video) = Belajar melihat pangsa pasar produk/jasa dg mengambil kata kunci produk/jasa yg dicari orang di mesin pencari Google.
Materi 2    : Riset Kata Kunci Tahap 2 (pdf & video) = Mengelola Data Hasil Riset pada tahap 1 di atas.
Materi 3    : Cara daftar & membeli domain hosting ke Penyedia Hosting rekomendasi RWP (pdf & video).
Materi 4    : Cara Install Website Wordpress di Cpanel (pdf & video) = WordPress sebagai sistem manajemen konten web terpopuler dg ratusan ribu fitur canggih yg dimilikinya.
Materi 5    : Panduan setting standar Web Wordpress (pdf & video) = Agar kinerja website Sobat menjadi optimal sesuai standar wordpress.
Materi 6    : Install Plugin-Plugin Wordpress (pdf & video) = Ada 10 Plugin wajib yg perlu di install di Web Sobat agar kinerjanya lebih optimal lagi untuk tampil di halaman pertama Google.
Materi 7    : Cara Setting 10 Plugin wajib RWP (pdf & video)= Alur setting Tools atau Plugin-Plugin supaya aktif bekerja untuk meningkatkan performa SEO situs Sobat.
Materi 8    : Cara Setting Plugin Akismet (pdf & video) = Tools untuk proteksi komentar spam di website.
Materi 9    : Cara mendaftarkan Web ke Akun Google Analytics (pdf & video) = Mengenalkan web ke alat Penganalisa Google Analytics (GA), agar Sobat mendapatkan Laporan sifat-sifat Pengunjung (manusia) berdasarkan data yg direkam Google.
Materi 10 : Cara menghubungkan akun Google Analytics (GA) ke web Sobat (pdf & video).
Materi 11 : Mendaftarkan alamat situs  alat Google Webmaster Tools/Google Search Console (pdf & video) = Agar website Sobat semakin cepat dikenal & diindeks oleh Robot Google, sekaligus sebagai alat analisa peringkat di Google, kata kunci yg sudah muncul, jumlah klik pengunjung, konversi klik, dll.
Materi 12 : Cara setting Plugin Google XML Sitemap (pdf & video) = Tool untuk memperkenalkan struktur & konten web sobat ke Google. Juga berguna sebagai Peta jalan masuk Robot Google ke seluruh isi Situs Sobat.
Materi 13 : Cara setting plugin SEO Search Term (pdf & video) = Tool untuk mencatat dan menambah indeks web setiap kata kunci yg ditulis pengunjung sehingga bisa sampai di web sobat.
Materi 14 : Cara setting Plugin Wordpress Ping Optimizer + Daftar Layanan Ping Robot Google (pdf & video) = Tool untuk memberitahukan Robot Google setiap kali web Sobat diiisi konten terbaru, berguna untuk mempercepat proses index google.  Tool ini juga berguna untuk menghindari label SPAM kepada situs kita karena mencegah pemberitahuan ke Robot Google langsung jika Sobat hanya mengedit konten lama.
Materi 15 : Cara setting Plugin Shareaholic (pdf & video) = Tool yg berguna untuk fasilitas share ke berbagai media sosial dan menampilkan related post antar postingan yang ada di web kita.
Materi 16 : Cara install Template Toko Online (pdf & video) yg SEO Friendly = Sebagai “rumah design” untuk mengatur tampilan konten produk di web sobat.
Materi 17 : Cara melakukan Posting Produk sesuai standar SEO friendly, yaitu SEO Onpage (pdf & video). Diajarkan teknik menyelipkan kata kunci di Postingan.
Materi 18 : Panduan Setting SEO Offpage = Promosi situs kita keluar dg menerapkan teknik SEO Offpage, juga membantu agar web Sobat lebih cepat dikenal oleh Robot Google (pdf & video).






3.   Kelas Facebook Ads + Email Marketing (Kelas Online & Offline)

BERIKUT 10 EBOOK MATERI FB Ads + EM YANG DAPAT SOBAT PELAJARI :
  E-Book 1 : Pengantar Iklan Facebook & Email Marketing.
  E-Book 2 : Panduan Isi Saldo Iklan Facebook.
  E-Book 3 : Panduan Daftar Akun Kirim Email.
  E-Book 4 : Panduan Riset Audience Facebook
  E-Book 5 : Panduan Pasang Iklan Facebook Step by Step.
  E-Book 6 : Panduan Integrasi Facebook & Kirim Email.
  E-Book 7 : Panduan Membuat Email Follow Up Yang Menghasilkan.
  E-Book 8 : Panduan Pasang Pixel Facebook.
  E-Book 9 : Panduan Integrasi Website  & Kirim Email.
  E-Book 10 :     Panduan Membuat Custom Audience Facebook.

BERIKUT 6 EBOOK BONUS YANG DAPAT SOBAT PERDALAM (Menyusul):
  E-Book 11 :     Panduan Membuat Looklike Audience Facebook.
  E-Book 12 :     Cara Analisa dan Edit Iklan Facebook.
  E-Book 13 :     Manajemen Broadcast dan Segmentasi Audience.
  E-Book 14 :     Menciptakan List Building 1000 Prospek Pertama Hingga Terus Berlipat sampai Puluhan Ribu.
  E-Book 15 :     Teknik Artikel Marketing Yang Menghasilkan Cash.
  E-Book 16 :     Membangun Mesin Penghasilan “ATM VIRTUAL” dari Dalam Kamar(1).






4.   Kelas Google Ads (baru Kelas Offline)

Materi Kelas Google Ads (saat ini belum ada Kelas Online) :
*1. Bagaimana Situs Kita Tampil di Halaman Pertama Google dg cara cepat dg 3 jenis keyword target : Keyword Melebar, Keyword Frase, dan Keyword Exact.
*2. Belajar Pasang Iklan Google Ads dg target muncul di Search Engine Google atau Jaringan Display Google (Mitra Google Adsense, dll).
*3. Belajar struktur Iklan Google Ads : Kampanye, Grup, Ads.
*4. Analisa Hasil Iklan berdasarkan CTR, Harga iklan per klik, Keyword bagus & tidak bagus, Keyword Negatif, Keyword Melebar, Keyword Frase, Keyword Exact, dll.
*5. Teknik Remarketing Google Ads : memasarkan ulang Produk kita kepada Pengunjung untuk Pembelian ke-1, ke-2, ke-3, dst dg menampilkan iklan kita di banyak Aplikasi Seluler, Youtube, jaringan Display Google, dll. Bonus :  -Join di Grup Telegram khusus Google Adwords untuk Tanya Jawab setelah Bimbel Tatap Muka selesai.






5.   Kelas Bedah Website & SEO Google Mendalam (Kelas Online & Offline)

Materi :
*1. Riset Pangsa Pasar di Search Engine Google dengan Cara Baik dan Benar.
*2.  Panduan Cara Posting yang disukai robot Google dan Manusia.
*3.  Panduan Lengkap Cara Analisa Website dengan Google Search Console dan Google Analytics.
*4.  Panduan Lengkap Praktek Rekapitulasi Data Analisa Perkembangan Website di Excel.
*5. Apa yg harus dilakukan jika mengetahui kekurangan SEO situs kita?

Poin-poin Bedah Website yg akan Kita lakukan untuk Analisa Kesehatan Situs adalah sebagai berikut :
1.   Pilihan template SEO friendly & settingan plugin pendukung SEO Google.
2.   Teknik penulisannya bersifat SEO friendly atau bukan.
3.   Apakah umur website sebanding dg jumlah Google Index (GI)?
4.   Apakah jumlah GI sebanding dg keyword yg datang dari Google (SQ)?
5.   Apakah jumlah SQ sudah memancing datangnya klik pengunjung dari Google?
6.   Apakah total pengunjung yg datang sudah sampai 100 visitor/hari atau belum?
7.   Apakah persentase komposisi pengunjung sudah ideal untuk mendatangkan pengunjung terus-menerus : sumber direct, sumber organic search, sumber referral, dan sumber social.
8.   Apakah jumlah pengunjung sudah ideal dg Omset yg diperoleh selama ini?
9.   Apakah ada faktor sistem & faktor non sistem yg menyebabkan sepinya pengunjung?
10. Apakah Server Hosting yg kita sewa menyebabkan SEO turun atau tidak.
11. Apakah Pengunjung menyukai tulisan yg sudah kita buat di Website atau tidak?
12. Tulisan atau postingan mana saja yg paling banyak dibaca pengunjung?
13. Dan hal-hal lain yg kami bedah untuk mengetahui Website Peserta sudah sehat atau sedang sakit?










TAG :

belajar seo google di rwp grup, belajar seo google gratis, belajar seo google rwp, cara belajar seo google, belajar teknik seo google blog wordpress, belajar seo no 1 google, belajar seo google
Blog, Updated at: Agustus 14, 2017
Diberdayakan oleh Blogger.